Kamis, 07 Juni 2012

JALAN JALAN KE BANTIMURUNG MAKASSAR


     Sewaktu aku masih kecil sekitar umur 5 tahun pernah jalan jalan ke Bantimurung. Tempat wisata ini  berjarak kira-kira 1,5 Jam dari Makassar Sulawesi Selatan (Perhitungannya waktu itu menggunakan motor). Yang menjadi menarik bagi saya adalah suasana Bantimurung saat masih lengang, cantik sekali dan betul-betul asri. Soalnya, kalau kita datang pada saat sudah ramai, itu sama saja terasa seperti pasar. Udaranya masih sejuk, sedikit lembab. Saat ke sana, debit air terjunnya tidak terlalu banyak. Mungkin masih musim kemarau.
     Saat aku masuk kedalam kujumpai beberapa kios yang berdiri di sekitar sungai. Souvenir-souvenir yang dijualnya beraneka ragam. Ada kerajinan kerang, baju, gelang-gelang dan pernak pernik lainnya. Yang paling khas adalah kerajinan fiber dan serangga yang terawetkan. Oh, ya…!!! Julukan Bantimurung juga terkenal dengan nama kerajaan kupu kupu. Tetapi waktu itu aku tidak menjumpainya mungkin karena belum musimnya.
     Agak siangan dikit suasana sudah agak panas. Tetapi pemandangan masih terasa asri. Apalagi kalau menyusuri tangga yang menuju ke Gua Batu, dari ketinggian beberapa meter kita bisa melihat pemandangan orang-orang yang sedang sayik menikmati guyuran air terjun yang saat itu memang debet airnya kecil. Naik ke atas lagi, ada salah seorang pengunjung yang sedang asyik berenang di sungai yang letak air tejun hanya beberapa meter saja. Air di bagian atas memang lebih tenang dan sedikit lebih jernih. Dalamnyapun cocok banget buat kita-kita yang senang berenang. Tetapi tetap harus hati-hati.
     Setelah puas jalan jalan menikmati keindahannya kusempatkan diri mandi di sungainya, saat aku mencebur kurasakan sejuknya air, kupuaskan mandi disungai itu. Airnya jernih, sampai sampai apa yang ada didasar sungai kelihatan semua. Setelah hampir satu jam aku bermain di sungai segera orang tuaku mengajak pulang karena jam sudah menunjukan pukul 12.00 Wita.
     Untuk sekedar info, lebih baik mengunjungi Bantimurung di waktu pagi, karena saat itu anda bisa lebih menikmati indahnya alam Bantimurung dan sejuk udaranya.