Senin, 18 Juni 2012

JALAN JALAN KE JEMBATAN SURAMADU


    Setelah kami beristirahat di salah satu warung lesehan yang berada di Surabaya, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Suramadu. Suramadu adalah singkatan dari Surabaya dan Madura, Jembatan ini menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan). Kurang lebih pukul 17.00 Wib kami tiba di pintu gerbang Jembatan Suramadu, setelah membayar karcis di loket pintu gerbang saya tak sabar ingin segera melintas jembatan yang katanya terpanjang se Asia.
    Jembatan Suramadu  menyediakan akses khusus sepeda motor. Letaknya di sisi kanan dan kiri jembatan. Lebar masing-masing 2,75 meter. Total lebar jembatan mencapai 30 meter. Di tiap jalur (arah Surabaya maupun arah Madura) ada jalur lambat masing-masing berukuran 2,2 meter. Kemudian, di tiap jalur ada dua jalur cepat yang masing-masing selebar 3,5 meter.

     Saya tancap gas melintas jembatan Suramadu, tinginya tiang ditengah jembatan dan luasnya selat madura menambah kekagumanku. Kulihat dibawah perahu nelayan berjajar dan jauh di seberang terlihat pulau Madura yang di selimuti sinar mentari kemerah merahan semakin membuatku tidak percaya dengan adanya semuanya ini.
Rasa kuingin berhenti ditengah jembatan untuk menikmati pemandangan ternyata tidak kesampaian karena ada rambu yang melarangnya. Tapi banyak juga yang berhenti di tengah jembatan hanya untuk berfoto. Bukan cuma mobil, pengendara motor pun banyak yang melakukanya dan poto-poto sampai naik ke pagar. Tanpa mereka sadari sebetulnya mereka membahayakan diri sendiri dan orang lain.
    Setelah melintas jembatan selama 10,48 menit akhirnya kami tiba di Madura,  kulihat banyak sekali tenda darurat yang menjual berbagai dagangan. Dari jajanan, oleh-oleh khas Madura sampai warung bakso. Kusempatkan diri belanja oleh oleh khas Madura sambil menikmati logat bicara para pedagang yang asing terdengar ditelinga saya. Lama kuperhatikan logatnya semakin senang kumendengarnya. Tapi sayang Karena keterbatasan waktu, kami tidak bisa lama lama disana. Mungkin lain waktu kalau umur masih panjang kami akan sempatkan menikmati liburan sambil menjelajah pulau Madura. Amin.