Senin, 04 Juni 2012

JALAN JALAN KE DIENG PLATEAU


Alhamdulillah setelah aku menempuh jarak 137 Km selama dua setengah jam perjalanan dari rumahku yang terletak Wirokerten, Banguntapan, Bantul akhirnya sampailah di Pegunungan Dieng. Sesampainya disana kurebahkan badanku di tempat gardu persinggahan yang dikelilingi pegunungan, maklum perjalananku hanya mengendarai sepeda motor.
Udara dingin bertiup sepoi sepoi seperti mengkipasi badan, pemandangan alam yang indah terbentang luas dengan selimuti kabut tipis sehingga menambah indahnya pemandangan yang mengobati rasa lelahku beserta rombongan.
Jam di tanganku menunjukan  pukul 10.00 Wib, aku dan keluarga melanjutkan perjalanan menuju Kawah si Kidang. Saya beserta keluarga berjalan kaki melewati bukit berkapur yang mengepulkan asap di beberapa titik. Bau kurang sedap yang timbul dari kawah sangat menyengat hidung namun lama kelamaan membuatku biasa. Setelah tiba dikawah kulihat kawah besar berbentuk seperti kolam, dengan air berwarna keabu-abuan yang menggelegak dan mengeluarkan asap tebal. Bibir kawah diberi pengaman berupa pagar bambu yang berjarak hanya satu meter dari kolam sehingga pengunjung dapat menyaksikan dari dekat sampai puas.
Pada jam 12.00 Wib rombonganku sampailah di komplek candi Arjuna dan musium Kaliasa yang pemandanganya tidak kalah indah. Kami sangat menikmati dan mengagumi bangunan peninggalan nenek moyang.
Pada jam 13.00 kami istirahat di Telaga warna yang Airnya sangat jernih sehingga memantulkan bayangan apa saja yang ada di atasnya. Wah, serasa ada di alam berbeda. Padang rumput di sebelah sana, dan pohon-pohon tinggi di sebelah sini. Nampak permukaan telaga yang menggelegak dan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil. Angin sejuk bertiup sepoi2, sempurnalah segalanya. Terima kasih ya Allah, Engkau telah menciptakan alam yang indah tuk manusia. Alangkah celakanya manusia yang mengingkariMu.