Senin, 11 Juni 2012

PIKNIK KE TANGKUBAN PERAHU


 











 




















    Tempat ini berada diketinggian 1830 meter diatas permukaan laut sehingga daerahnya  sejuk membuat perasaan damai .Tepatnya berada di Bandung Utara arah ke jalan Subang. Jalan menuju ke tempat tersebut sangatlah mudah dan sedikit menantang bagi orang yang suka hicking. Saya dan rekan rekan MAN Wonokromo mendaki terus seperti tidak ada capainya. Beruntung sesampainya di puncak cuaca cerah dan tidak berkabut, sehingga kami bisa menyaksikan kawah Tangkuban Perahu dengan jelas (walaupun dalam jarak yang jauh, tidak boleh mendekat karena kawah masih aktif sehingga bisa mengeluarkan gas berbahaya). Keindahan kawah Tangkuban perahu bisa mengobati rasa capai yang belum hilang karena perjalanan dari Yogyakarta.
    
    Setelah puas berkeliling dan melihat pamandangan yang indah tersebut, kami melihat ada jalan setapak yang dilalui oleh para pengunjung yang ternyata jalan menurun tersebut mengarah ke arah Kawah Domas dengan jalan kaki. Kami penasaran dan akhirnya kami ikut turun menyusuri jalan tersebut untuk melihat dari dekat Kawah Domas. Perjalanan ke Kawah Domas memang sangat melelahkan, jalan menurun dan agak licin. Jarak yang kira-kira 1,2 Km terasa sangat jauh dan melelahkan, untunglah rasa lelah bisa terobati dengan keindahan pemandangan sekitar.
    Sesampainya di Kawah Domas, kami melihat pemandangan yang menakjubkan, sungguh tidak sia-sia perjalanan yang melelahkan kami. Karena disitu kami bisa melihat dari dekat aktifitas kawah, bahkan bisa merasakan panasnya kawah. Terdapat banyak kawah diantara bebatuan. Bau belerang cukup menyengat, tetapi setelah terbiasa tidak menjadi masalah. Ada banyak kawah disitu dengan air yang seperti air mendidih.
Perjalanan selanjutnya adalah kami ke Ciater yang tidak jauh dari Tangkuban Perahu, kira-kira hanya 4 Km perjalanan. Sepanjang perjalanan kami bisa menikmati indahnya perkebunan teh, suasananya seperti kalau kita ke Puncak (Bogor).
    Sari Ater adalah wisata pemandian air panas, kawasannya cukup bagus dan terawat. Ada banyak sekai kolam-kolam air panas yang bisa kita pakai untuk sekedar merendam kaki atau bahkan mandi. Sangat menarik kalau mengajak anak-anak berwisata ke tempat ini.