Senin, 18 Juni 2012

JALAN JALAN KE LUMPUR LAPINDO


    Setelah 3 jam perjalanan dari Madiun akhirnya tibalah kami di Lumpur lapindo yang terletak di Porong, kabupaten Sidoarjo. Jauh mata memandang hanya terlihat genangan lumpur yang sudah padat, saya tidak tahu berapa hektar genangan lumpur itu. Lokasi semburan lumpur tersebut merupakan kawasan pemukiman dan di sekitarnya merupakan salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Dibelakang saya tepatnya dibawah tanggul terdapat jalan raya Surabaya Malang yang sewaktu waktu terancam bobolnya tanggul. Saya ngeri melihatnya, lumpur panas itu terus menerus menyembur tiada henti, manusia dengan berbagai teknologi canggihnya tidak mampu memperhentikanya. Ada pihak-pihak yang mengatakan luapan lumpur ini bisa dihentikan namun hingga kini tahun 2012 belum ada yang bisa memperhentikanya. Sudah hampir 3 kecamatan ditengelamkanya, kira kira kapan berhentinya ? Allahlah yang maha tahu.
    Semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar maupun bagi aktivitas perekonomian di Jawa Timur. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menanggulangi luapan lumpur, diantaranya dengan membuat tanggul untuk membendung area genangan lumpur. Namun demikian, lumpur terus menyembur setiap harinya, sehingga sewaktu-waktu tanggul dapat jebol mengancam keselamatan masyarakat di sekitar tanggul.
    Pemerintah dianggap tidak serius menangani kasus luapan lumpur panas ini. Masyarakat adalah korban yang paling dirugikan, di mana mereka harus mengungsi dan kehilangan mata pencaharian tanpa adanya kompensasi yang layak. PT Lapindo Brantas Inc sendiri lebih sering mengingkari perjanjian-perjanjian yang telah disepakati bersama dengan masyarakat korban lapindo. Ya Allah berilah kesabaran dan petunjukmu untuk para korban lumpur lapindo dan berilah keseriusan pada pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini. Serta hentikanlah lumpur panas lapindo ini agar masyarakat bisa hidup tentram tanpa diliputi rasa ketakutan. Hanya kepadaMulah kami memohon dan berlindung. Amin 3x.